PROPOSAL PENELITIAN
ANALISA PERENCANAAN PENGENDALIAN BAHAN BAKU


 Disusun Oleh  :

            Kelompok                   : 7 (Tujuh)
Nama   Anggota          : 1. Aldo Fajar Rinofa             /   30414759
                                      2. Angga Dwi Prakoso          /   31414193
                                      3. Herry Agus Prianto           /   34414957
                                      4. M. Abdul Dhohir              /   36414210
                                      5. Ronald Nurton S.               /   36412672
            Kelas                           : 3ID12


LABORATORIUM TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2016





Daftar isi

Proposal Penelitian……………………………………………
1)      Pendahuluan…………………………………………..
1.1.            Latar Belakang………………………………….
1.2.            Indentifikasi Masalah……………………………
1.3.            Perumusan Masalah……………………………..
1.4.            Tujuan penelitian……………………………….
1.5.            Batasan Masalah………………………………..
1.6.            Sistematik penulisan……………………………

2)      Tinjauan pustaka…………………………………….

3)      Metode Penelitian…………………………………….

3.1.      Objek Penelitian…………………………………………..
3.1.1.   Studi Pustaka……………………………………
3.2.      Metode Pengumpulan Data……………………..
3.2.1.   Alat Penelitian ………………………………….
3.2.2.   Pengumpulan Data………………………………
3.2.3.   Pembahasan dan Analisa Hasil………………….






BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Persediaan (inventory) adalah salah satu aset yang sangat mahal dalam suatu perusahaan. Pada satu sisi, manajemen perusahaan menghendaki biaya yang tertanam pada persediaan itu minimum, namun di lain pihak manajemen juga harus menjaga agar persediaan tidak habis dan mengganggu proses produksi yang berjalan.Manajemen harus mengatur agar perusahaan berada pada suatu kondisi yang dapat memenuhi kedua kepentingan tersebut. Yang dikategorikan sebagai persediaan adalah raw materialswork in process dan finished goods. Setiap perusahaan memiliki jenis, perencanaan dan sistem pengendalian peersediaan yang spesifik. Persoalan utama dalam pengelolaan persediaan ini terkandung dalam dua pertanyaan utama, yaitu: berapa banyak harus disediakan dan kapan penyediaan itu dilakukan.
Perkembangan dunia industri dewasa ini semakin maju,  hal itu terbukti dengan makin banyaknya industri-industri baru yang mengelolah berbagai macam produk. Dengan demikian kebutuhan akan faktor-faktor produksi pasti bertambah banyak.  Kegiatan perusahaan memiliki hubungan yang sangat erat dengan kegiatan produksi.  Perusahaan mengadakan kegiatan produksi untuk memenuhi permintaan pasar,  sedangkan untuk melakukan kegiatan produksi perusahaan tersebut membuhtuhkan bahan baku Persediaan (inventory) adalah salah satu aset yang sangat mahal dalam suatu perusahaan. Pada satu sisi, manajemen perusahaan menghendaki biaya yang tertanam pada persediaan itu minimum, namun di lain pihak manajemen juga harus menjaga agar persediaan tidak habis dan mengganggu proses produksi yang berjalan.
Manajemen harus mengatur agar perusahaan berada pada suatu kondisi yang dapat memenuhi kedua kepentingan tersebut. Yang dikategorikan sebagai persediaan adalah raw materials, work inprocess dan finished goods. Setiap perusahaan memiliki jenis,  perencanaan dan sistem pengendalian peersediaan yang spesifik. Persoalan utama dalam pengelolaan persediaan ini terkandung dalam dua pertanyaan utama, yaitu: berapa banyak harus disediakan dan kapan penyediaan itu dilakukan.

1.2  Indentifikasih Masalah
Dari uraian pada bagian Pendahuluan terlihat bahwa masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan dalam penerapan Analisa perencanaan bahan Baku adalah:
  • Analisa perencanaan pengendalian bahan baku untuk menerapkan proses produksi yang masih sangat sedikit dan terlalu umum, sehingga mengakibatkan hasil yang didapat tidak spesifik.  Karena pada awalnya produk yang diinginkan tidak begitu jelas, sehingga setiap industri-industri dalam hal ini industri kecil yang terlibat tidak tahu persis hal apa yang diinginkan sebagai keluaran atau output dari suatu proses produksi

1.3  Perumusan Masalah
Dari uraian pada pendahuluan terlihat bahwa masalah yang akan dihadapi oleh industri-industri kecil dalam penerapan perencanaan dan strategi dalam proses produksi antara lain :
  • Bagaimana  perencanaan membangun sistem manajemen, pasar, kualitas dan strategi diindustri kecil  agar dapat menjawab permintaan pasar : Pemasaran, kualitas, dan strategi memang harus dibangun, mengapa demikian? Karena suatu industri tanpa sistem diatas industri itu tidak dapat bertahan lama. karena sistem  inililah yang menjadi dasar suatu industri untuk dapat bersaing dengan industri –industri besar dalam hal proses produksi yang meliputi input, proses, dan output. Apalagi permintaan pasar yang begitu banyak dan bervariasi sehingga industri-industri sedikit susah menjawab permintaan pasar
  • Bagaiamana sistem manajemen keuangan dan pemasaran dalam menganalisa perencanaan pengendalian bahan baku yang secara efektif : permasalahan yang cukup serius yang biasanya terjadi di industri-industri  tanpa terkecuali yaitu sistem yaitu sistem manajemen keuangan dan pemasaran yang bekerja kurang efektif sehingga perusahaan tersebut mengalami kerugian yang dimana biaya produksi yang dikeluarkan lebih besar dari hasil produksi serta pemanfaatan waktu, material, modal, mesin dan manusia kurang efektif.  Sehingga produk yang dikeluarkan itu tidak sesuai dengan permintaan pasar dan kualitasnya kurang bagus
  • Bagaimana strategi dan perencanaan proses produksi dapat diaplikasi di industri-industri kecil : bukan hanya teori dan analisa semata yang dibicarakan, tetapi diaplikasikan di perencanaan dan pengendalian untuk industri-industri kecil, sehingga industri kecil tersebut bisa mengatasi persaingan di era Globalisasi ini sehingga produk yang dihasilkan oleh industri kecil bisa masuk pemasaran internasional

1.4  Tujuan Penelitian 
Tujuan Penelitian Antara lain :
  • Membangun system manajemen dan pemasaran di industri kecil agar dapat menjawab permintaan pasar
  • Membangun system manajemen dan pemasaran agar produksi dapat berjalan secara efektif
  • Menerapkan strategi dan perencanaan serta mengaplikasikanya di industri kecil
  • Agar produksi tepat sasaran
  • Meningkatkan kualitas produk





1.5  Batasan Masalah
  • Sistem manajemen dan pemasaran diindustri kecil dibangun berdasarkan permintaan pasar
  • Penerapan strategi dan perencanaan produksi mencakup input, proses, dan output
  • Langkah induk produksi didasarkan pada hasil peramalan permintaan

1.6  Manfaat Penelitian
  • Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut : Melalui penelitian ini menambahkan pengetahuan bagi penelitian dengan membandingkan pengetahuan yang diperoleh secara teoritis dengan kenyataan yang sebenarnya
  • Memberikan gambaran secara jelas kepada industri kecil guna menghadapi dunia Globalisasi

1.7  Sistematik Penulisan
Untuk mempermudah penulisan dalam menulis proposal tugas akhir ini, maka penulisan memerlukan sistematika dan terstuktur yang jelas guna dalam penyusunan laporan tidak terjadi kesalahan dan tumpang tindih antara topik dan pembahasannya.









BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


Memuat teori-teori yang berhubungan dengan penilitian,  juga dapat diulas penelitian atau publikasi bidang sejenis sebelumnya. Pada bab ini akan dijelaskan mengenai kajian literatur untuk mengetahui tentang dasar teori serta kajian-kajian yang telah dilakukan oleh peniliti sebelumnya.
1.      Perencanaan dan strategi proses produksi adalah proses mendefenisikan suatu carauntuk mencapai suatu tujuan dalam kegiatan menghasilkan suatu barang atau jasa. Perencanaan dan strategi proses produksi itu sendiri meliputi:
  • Input : Masukan  yang  berupa material  atau bahan  baku yang  kemudian  diolah  menjadi  bahan  setengah  jadi  dan  bahan  jadi.  Di Input  sendiri  sangat  berpengaruh      terhadap  proses produksi,  karena  kalau  material yang  masuk kualitasnya  tidak bagus yang secara   otomatis pasti berpengaruh pada Output atau  keluaranya  yang  berupa barang.  Namun   tidak hanya kualitas yang dipermasalahkan tetapi juga waktu dan biaya yang digunakan untuk material itu sendiri.
  • Proses : Urutan  suatu  pelaksanaan  atau  kejadian  yang  terjadi  secara alami  atau didesain yang mencakup waktu, ruang, mesin, modal, manusia, Metode dan manajemen.
  • Output : keluaran dari suatu proses yang berbentuk barang atau jasa. Disini suatu perusahaan harus benar-benar melihat perkembangan pasar dan kebutuhan konsumen, tujuanya agar produk yang dihasilkan itu terjual dipasaran dan sesuai dengan permintaan  konsumen.

Perencanaan dan strategi proses produksi ini sangat penting bagi industri-industri kecil dalam menghadapi  zaman Globalisasi.  Karena kalau perencanaan  dan  strategi  proses  produksi  ini tidak  diterapkan  dari sekarang  yang  secara  otomatis pasti  indutstri-industri kecil akan lumpuh dalam menghadapi arus Globalisasi dan perdagangan  bebas  ini.  Apalagi produk yang dihasilkan oleh industri-industri kecil tersebut masih di bawah standar internasional.  Selain itu juga industri-industri kecil tersebut harus berani mengambil  suatu  tindakan  guna menghadapi zaman Globalisasi dan perdagangan sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing dengan industri-industri besar dan industri-industri luar. Selain itu tujuan Menerapkan perencanaan dan strategi ini meliputi :
  • Menentukan Tujuan dari perencanaan dan strategi di industri kecil itu sendiri
  • Memilih item  demand  yang  akan  diramalkan, plot data kedalam diagram pencar.
  • Memilih metode perencanaan dan perencanaan strategi yang sesuai dengan pola data untuk tujuan yang telah ditetapkan.













BAB III
METODE PENELITIAN


3.1. Objek Penelitian
Penelitian dilakukan di industri-industri kecil yang bergerak di bidang manufaktur Di sekitar Kebun jeruk, Jakarta Barat.  Penelitian dilakukan mulai dari material yang masuk sampai produk dihasilkan.

3.1.1. Studi Pustaka
Studi pustaka yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu studi pustaka induktif dan deduktif. Kajian induktif adalah kajian pustaka yang bermakna untuk menjaga keaslian penelitian dan bermanfaat bagi peneliti untuk menjadi kekinian topik penelitian. Kajian ini diperoleh dari jurnal, proseding, seminar, majalah dan lain sebagaianya. Pada kajian induktif dapat diketahui perkembangan penelitian, batas-batas dan kekurangan penelitian terlebih dahulu. Juga untuk mengetahui perkembangan metode-metode mutakhir yang pernah dilakukan peniliti lain. Kajian deduktif membangun konseptual yang mana fenomena-fenomena atau parameter-parameter yang relevan sistematika, diklasifikasikan dan dihubung-hubungkan sehingga bersifat umum. Kajian deduktif merupakan landasan teori yang dipakai sebagai acuan untuk memecahkan masalah penelitian.

3.2. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data yang diteliti, ada berbagai metode yang digunakan yaitu :
  • Sumber data primer, melalui wawancara langsung (interview) yaitu mengadakan wawancara langsung dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti, dalam hal ini adalah pihak perusahaan dari bagian manajemen, marketing  dan  teknisi.
  • Sumber data sekunder, yaitu mengamati jalanya proses produksi, melihat dari studi pustaka yang berhubungan dengan perencanaan dan strategi proses produksi.

3.2.1. Alat Penelitian
Alat-alat yang digunakan dalam penelitian antara lain :
  1. Lembar kerja untuk mencatat data-data bahan baku yang digunakan
  2. Peralatan menulis seperti : pena, pensil dan spidol
  3. Serta alat penunjang lainnya

3.2.2. Pengumpulan Data
Pengumpulan data yang dibutuhkan dilakukan dengan cara menhitung biaya yang masuk dan keluar selam setahun di perusahaan tersebut serta melakukan pengaamatan langsung dengan mengamati jalanya proses produksi.
Data-data yang dikumpulkan antara lain :
  1. Data umum perusahaan.
  2. Data kapasitas produksi perusahaan
  3. Data jumlah permintaan  produk

3.2.3. Pembahasan dan Analisa Hasil
Pada tahap ini dilakukan pembahasan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode-metode yang telah diterangkan diatas, sehingga pada tahap analisa ini akan diperoleh penyelsaian yang ada.




DAFTAR PUSTAKA


  1. Perpustakaan Universitas Mercu Buana Jakarta Barat.
  2. http://www.Google.com
  3. http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/07/contoh-proposal-skripsi.html
  4. www.wikipedia.com
  5. K.WILLIAM, “Spreadsheet Mini G4Econs”(2008), Washington DC


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Politik dan Strategi Nasional

Reproduksi Budaya (Pemaknaan Ulang Budaya)

Memperkenalkan Kebudayaan ke Luar Negeri