Memperkenalkan Kebudayaan ke Luar Negeri

             Memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia Internasional menjadi kewajiban kita semua sebagai bangsa Indonesia yang baik. Jadi tugas ini bukan hanya tugas pemerintah, melainkan seluruh elemen masyarakat, baik itu pelajar, pedagang, eksportir, pengusaha, dan lain sebagainya.
             Semua upaya tersebut dilakukan sebagai wujud cinta tanah air kepada bangsa indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan budaya, nah sebagai anak bangsa tugas kita adalah mengoptimalkan semua potensi yang ada pada diri kita.
             Jika saya sebagai Menti Pendidikan dan Kebudayaanuntuk mengatasi pengenalan kebudayaan Indonesia kepada berbagai negara di dunia adalah sebagai berikut :


  1. Mengenalkan adat istiadat dab budayakepada dunia internasional melalui studi banding pelajar.
  2. Megenalkan budaya indnesia kebada dunia luar melalui TI, seperti facebook, twitter, blog, dan website.
  3. Mengoptimalkan keberadaan tempat wisata yang indah sehingga menarik minat warga dari negara asing untuk singgah di Indonesia.
  4. Mengadakan bazar atau pameran yang di selenggarakan di luar negeri agar produk dan hasil karya khas anak negeri bisa Go Internasional.
  5. Mengikuti ajang-ajang yang diseleggarakan dalam skala Internasional, misalkan Miss Universe, kontes peragaan busana, dan lain sebagainya.

          Masyarakat yang telah berjasa, berkontribusi terhadap pelestarian kebudayaan Indonesia. Pemberian yang terbaik adalah penghargaan setinggi-tingginya atas berkat nya kebuayaan Indonesia ini bisa terangkat dan ucapan terima kasih juga bisa menguntugkan bagi khusus nya kebudayaan dan perekonomian kita dan juga wujud apresiasi pemerintah kepada para pelestari seni dan budaya Indonesia dalam rangka penguatan karekter bangsa. Hal tersebut dilakukan untuk membangun arti penting apresiasi, serta menjadi tanda bahwa Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan agar tetap mengakar pada penerus-penerus bangsa.
Pemberian anugerah dan penghargaan diberikan dalam enam kategori, yaitu penghargaan tanda kehormatan kelas bintang budaya parama dharma. Serta pemberian pembekalan ilmu untuk kemudian bisa di kembangkan lagi terhadap masyarakat luas itu sendiri dan luar negeri.


            Sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, cara saya untuk membentuk perilaku masyarakat agar memiliki kesadaran dalam berbudaya adalah: 
  1. Mengajak khusus nya kepada seluruh pelajar agar lebih mengerti tentang kebudayaan kita dengan cara memberikan contoh konkret agar termotivasi.
  2. Membentuk masyarakat dalam kepribadian yang baik sejak dini 
  3.   Mengajak masyarakat untuk lebih tahu bahwa kebudayaan Indonesia itu sangat perlu untuk dilestarikan
  4. Membentuk sanggar tari atau komunitas lainnya agar masyarakat lebih bisa belajar lagi dan tahu kebudayaan Indonesia.
  5. Membeikan arahan kepada masyarakat bahwa kita mempunyai kebudayaan yang sangat indah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Politik dan Strategi Nasional

Reproduksi Budaya (Pemaknaan Ulang Budaya)